Kamis, 08 April 2010

HONDA SCOOPY , FINO KILLER?


Honda kembali meluncurkan Skuter Matik terbarunya yaitu Honda Scoopy-i, ya embel embel 'i' di belakang nama motor itu menandakan jika mesin yang di adopsi adalah sistem injeksi dan tidak menggunakan karburator. Sama seperti yang diterapkan di skutik hobda varian pendahuluya seperti click-i dan Icon-i

Scoopy i mengadopsi mesin 110cc, 4tak , 1-silinder dengan pendingin air ( radiator ) dan sistem injeksi PGM-FI. Honda mengklaim skutik ini hanya membutuhkan 1 liter bensin untuk menempuh jarak 49 km.



Mengingat selama ini di Indonesia yang merajai skutik bertampilan retro adalah Yamaha Fino yang dipasarkan dengan harga yg lunayan tinggi dikarenakan build up (sekitar 27 juta rupiah) , padahal basis mesin dan sasis hampir sama dengan mio soul , tentu masyarakat menengah akan berfikir 2 kali untuk merogoh kocek segitu untuk skutik yang hanya beda Body dengan mio soul .

Nah lain dengan Honda Scoopy ,sebenarnya basisnya tidak jauh beda dengan honda BeAT. dann tampilannya pun mirip dengan mio Fino. skutik ini akan dipasarkan di Indonesia sekitar pertengahan 2010, dan dengan harga tidak jauh beda dengan beat (berkisar 11-12 juta)
mengingat saat ini retro look kembali booming dengan target anak anak remaja, wanita, dan hobiest tentu konsumen semakin mempunyai pilihan untuk membeli sebuah skutik bertampilan retro dengan masuknya honda Scoopy ini.
apakah penjualan Honda Scoopy akan mengalahkan Yamaha Fino karena faktor harga yang terbilang cukup jauh?? yeahh we'll see it later.

http://www.autoincar.com/wp-content/uploads/2009/09/officially-honda-scoopy-i-6.jpghttp://3.bp.blogspot.com/_fc7SsiuL7NE/St-8eaOYqxI/AAAAAAAACxU/5o2gD1sjWdY/s400/honda-scoopy-i-modified-06.jpg

SUZUKI JELATO 125


Suzuki resmi meluncurkan skutik terbarunya ke pasaran yang dinamai "Suzuki Jelato 125" tidak lama setelah Honda merelease Scoopie. "Suzuki Jelato", desain yang klasik banget dan lebih gaya karena dilengkapi DCP-FI (Discharge Pump Fuel-Injection) Automatic Super CVT, 4 strokes 125 cc , selangkah lebih maju dari sistem karburator , dan yang membuatnya beda adalah otak mekanik inovatif yang disebut : ECM, yang menerima sinyal digital dari sensor seperti sensor oksigen (O2 Sensor) untuk mengukur oksigen, maka ECM akan memberikan resep rasio campuran bahan bakar dan udara dalam jumlah yang tepat untuk membakar sepenuhnya dan ramah lingkungan melalui tingkat Standar Exhaust 6 atau setara Euro III Standar. Sensor juga mencakup KL sensor yang berfungsi untuk mematikan sinyal pasokan BBM pada saat motor miring 60 derajat atau saat terjadi kecelakaan , sehingga mesin akan segera berhenti demi keselamatan tinggi untuk si pengendara.

Fitur lainnya adalah: saringan filter udara yang besar (2 lapisan) menghasilkan gas buang yang bersih efektif, silinder aluminium dilapisi SCEM keramik untuk daya tahan yang sangat baik. Panel memiliki lampu peringatan FI untuk memberitahu Anda kekuatan sinyal listrik baterai, sistem pendingin SJSC, Cartridge-Jenis Minyak Filter, Suzuki Jelato juga mendukung Gasohol E20.
Tampilan luar, pencahayaan si 'Jelly' ini mengadopsi multi-reflektor , satu set lampu belakang terpisah, mengubah sinyal dan cahaya plat, terbagi menjadi 2 seri: Three Stars (red jelly, black expresso) dan Five Stars (pink strawberry, blue mint, light brown, dark brown chocolate).




Rabu, 08 April 2009

update member MRC

seiring berjalannya waktu (halah) , terjadi perubahan susunan anggota MRC.

ada yg masuk ada juga yg kluar.

berikut teman- teman yang semakin meramaikan anggota keluarga MRC

* Akbar (red MIO)
* Fauzy (white MIO)
* Sebastian (black BeAT)
* George a.k.a Gege (green VARIO)
* Trie a.k.a towok (black SPIN)
* Gerrald (black New MIO)
* Wahyu (red MIO)
* Derry (white MIO)
* Uky (black VARIO)

MRC missing :
* MRC 010 Ryan
* MRC 008 ona
* MRC 007 panjul
* MRC 006 boim
* MRC 020 hugo

buat gambar-gambarnya nanti akan ada update untuk upload foto-foto lagi biar lebih jelas.

Jumat, 27 Februari 2009

Nouvo Elegance 135cc

yamaha nouvo 135
Lupakan soal Yamaha Nouvo Z berlampu ala Yamaha Mio Soul seperti yang ada di Vietnam. Yamaha Indonesia, boleh jadi bakal 'melewatkan' episode tersebut untuk Yamaha Nouvo di sini yang sekarang telah berhenti diproduksi (atau sekedar mati suri sebelum bangkit lagi ?). Yamaha Thailand sebagai barometer roda dua di kawasan Asia Tenggara baru saja merilis evolusi terkini dari Yamaha Nouvo series, The All New Yamaha Nouvo - Yamaha Nouvo Elegance ! Namun demikian, Yamaha Nouvo MX (Nouvo Z versi Thailand) masih tetap diproduksi.




Cukup mencengangkan ! Yamaha menjejali si Elegance dengan kapasitas mesin setara Yamaha Jupiter MX ! Teknologi yang digunakan juga mirip Jupiter MX seperti silindernya juga menggunakan teknologi DiASiL yang diklaim Yamaha lebih minim gesekan dan super kuat - teknologi turunan dari motor balap Yamaha. Hal ini diyakini mampu menekan konsumsi bahan bakar. Apalagi dengan penggunaan roller rocker arm sebagaimana yang digunakan pula di Jupiter MX.

{mosgoogle center}
Yang pasti, mesin baru ini akan membuat Elegance lebih berotot dari motor matik Yamaha sebelumnya. Can you imagine MX engine on Nouvo ? Kira-kira begitu mungkin gambaran karakter si Elegance ini. Hal ini tergambar pula dari bentuk cover CVT barunya yang lebih besar. Dari sini juga terlihat idealisme Yamaha yang selalu ingin tampil beda, tak lantas latah membuat mesin 125 cc. Sesuai dengan tag line : Yes, We Are Different. Sayang, penempatan radiatornya justru 'keduluan' Honda Click / Vario, di samping kanan dekat kaki pembonceng. Namun cover radiatornya dirancang cukup fresh dan keren. Membuat tampilan menjadi lebih berotot.


Paling revolusioner adalah tampangnya yang berubah banyak dari generasi Nouvo sebelumnya. Lampu depan meruncing dan tampak lebih lebar - mengingatkan kita pada sosok lampu depan Honda Air Blade. Ditambah dengan lampu sein depan ditaruh di 'fairing' bak motor balap menguatkan kesan bahwa Yamaha memang mencoba menempelkan aura motor balap R Series-nya di Elegance ini. Desain tebeng depan juga dipenuhi oleh aksen garis tajam yang mempertegas aura motor cepat. Dilirik dari samping, sekilas kompartemen di balik tebeng depan mirip Suzuki Hayate 125 / Skywave 125 yang penuh lekukan.

Lampu belakang tak kalah menawan. Desain sein-nya cukup ekstrim namun jatuhnya pas dengan lampu belakang yang juga dibuat baru serta behel belakang yang lekuknya mengikuti lampu. Kalo dilihat dari samping, lucunya bentuk lampu belakangnya mirip Honda New Supra Fit / Fit X / Fit S. Yah, tapi tetap berbeda dengan tampilan lampu belakang Nouvo Z yang agak 'biasa'. Menguatkan nuansa mewah, jok bagian rider tampaknya dibuat lebih tebal dan two tone untuk salah satu varian, sewarna dengan underseat cover. Secara tampilan, Elegance memang berkelas dan gaya !


Sebagaimana kelengkapan Mio Soul, sistem kunci telah dibekali dengan fitur Shutter Key. Bagasi gede khas Nouvo juga tetap ada di bagian bawah jok. Tak tanggung dan seolah ingin menegaskan gengsi Elegance, Yamaha merancang emblem baru untuk Yamaha Nouvo Elegance dan logo 3D ini pun dipasang di kuncinya. Hal ini terlihat kecil dan simpel saja, tapi menggambarkan betapa detail dan telitinya si Elegance ini dirancang. Panel spidometer tak lagi terkesan biasa dan sudah menganut sistem digital sebagaimana halnya Honda Karisma dan Suzuki Shogun 125. Tambahan lagi, kini dilengkapi dengan penunjuk temperatur. Tidak lagi mengandalkan model 'blink-blink' seperti di Jupiter MX.


Nikmati saja gambarnya dan sudah terbayang apa jadinya bila motor ini dilansir Yamaha Indonesia. Beberapa minggu lalu, Otomotif pernah menyinggung bahwa Yamaha Nouvo yang telah 'tewas' mulai menggeliat di pasaran motor bekas. Setelah tak diproduksi, malah mulai dicari. Bila Yamaha Indonesia memutuskan merilis Elegance, agaknya Yamaha Nouvo tak boleh dianggap remeh dan cuma sekedar pelengkap derita lagi. Terlebih di saat bentuk skutik sudah mulai menampakkan titik jenuh buat sebagian orang, boleh jadi abangnya Yamaha Mio ini menjadi penawar dahaga. Honda Air Blade dan Suzuki Hayate punya musuh baru ! Jelas .. jelas ... dan jelas.

Yamaha Nouvo belum tamat !

Jumat, 30 Januari 2009

Bikin Irit Mio Pakai Spuyer Kaze

Enggan pakai Skutik karena boros? Ah enggak masalah, karena banyak cara dilakukan untuk mengefisiensikan pemakaian bensin ini. Seperti dipraktikkan Ahmad, mekanik Hansen Motor (HM). Dia eksperimen di Yamaha Mio dengan pakai spuyer motor lain yang sama-sama pakai karbu vakum.

Maksudnya? “Ya, main jet punya Kawasaki Kaze, lalu pilot jet bawaan Honda Karisma,” papar pria biasa disapa Madun ini. Lo, apa istimewanya? “Ukuran spuyer itu lebih kecil dibanding punya Mio.” Wah, ini namanya nyekek, dong? Bukannya tak direkomendasi?

“Emang sih, pabrikan gak rekomendasi. Tapi ya, namanya akal-akalan, tetap aja banyak motormania yang menerapkan!” beber Madun. Oke.. oke... buat wacana, coba jelasin caranya gimana? “Pastinya, selain sediain spuyer tadi, juga karet slang!”

Nah, menurut Madun, karet slang buangan angin dipake biar bukaan jarum skep enggak terlalu gede. “Panjangnya cukup 1,5 cm!” sambar Madun sembari bilang, resepnya ini butuh biaya Rp 30 ribu buat beli repair kit karbu Kaze dan Karisma.


(kiri-kanan) Pilot Jet Kharisma, main jet Kaze dan potongan slang karet
Atau kalo mau irit, bisa juga hunting ke bengkel umum nyari limpahan spuyer yang tak terpakai. Cara pasangnya, pasti diawali membongkar cover bodi penutup karbu, lalu jok dan bagasi. Okelah, untuk tahap ini, Anda pasti sudah mahir melakukannya.

Setelah peranti pengabut terlihat, tinggal lepas selubung pengikat manifold, slang bensin dan pernafasan. Lalu copot mur pengunci di bawah karbu, tepatnya di tempat bersarangnya pelampung dan spuyer. Ganti spuyer Mio dengan Kaze.

Berikutnya tinggal lepas mur pengikat di tempat bercokolnya per berikut pangkal jarum skep. Selipkan potongan karet slang tadi di tengah per. “Kalo udah, tinggal pasang lagi karbu. Buktiin sendiri khasiatnya,” tantang Madun yang aseli Betawi ini. Bener, nih?


http://www.otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=ototips/Content/0/0/1/7/597

Rabu, 28 Januari 2009

Varian Skutik Yamaha di Tahun 2009

Yamaha C3Di tahun 2009 ini, pabrikan YAMAHA USA mengeluarkan beberpa jenis Skutik city untuk memanjakan para biker perkotaan. Design yang keren, sporty, dan simple, pas untuk generasi muda yang modern.

Motor skutik YAMAHA ini bukan tipe produk terbaru dari YAMAHA, melainkan generasi terbaru dari beberapa produk sebelumnya, seperti VINO, ZUMA, dan C3 dengan pembaruan dari segi mesin dan akselerasi, sehingga memenuhi kebutuhan konsumen yang sporty.

Berikut beberapa skutik yang akan dikeluarkan YAMAHA di tahun 2009 ini

YAMAHA ZUMA 125 2009

Yamaha Zuma 125 2009


YAMAHA VINO 125

YAMAHA VINO 125


YAMAHA C3 2009

YAMAHA C3 2009

klik di sini untuk melihat data ketiga motor ini lebih jelas.

sbr : maticholic.com