Jumat, 30 Januari 2009

Bikin Irit Mio Pakai Spuyer Kaze

Enggan pakai Skutik karena boros? Ah enggak masalah, karena banyak cara dilakukan untuk mengefisiensikan pemakaian bensin ini. Seperti dipraktikkan Ahmad, mekanik Hansen Motor (HM). Dia eksperimen di Yamaha Mio dengan pakai spuyer motor lain yang sama-sama pakai karbu vakum.

Maksudnya? “Ya, main jet punya Kawasaki Kaze, lalu pilot jet bawaan Honda Karisma,” papar pria biasa disapa Madun ini. Lo, apa istimewanya? “Ukuran spuyer itu lebih kecil dibanding punya Mio.” Wah, ini namanya nyekek, dong? Bukannya tak direkomendasi?

“Emang sih, pabrikan gak rekomendasi. Tapi ya, namanya akal-akalan, tetap aja banyak motormania yang menerapkan!” beber Madun. Oke.. oke... buat wacana, coba jelasin caranya gimana? “Pastinya, selain sediain spuyer tadi, juga karet slang!”

Nah, menurut Madun, karet slang buangan angin dipake biar bukaan jarum skep enggak terlalu gede. “Panjangnya cukup 1,5 cm!” sambar Madun sembari bilang, resepnya ini butuh biaya Rp 30 ribu buat beli repair kit karbu Kaze dan Karisma.


(kiri-kanan) Pilot Jet Kharisma, main jet Kaze dan potongan slang karet
Atau kalo mau irit, bisa juga hunting ke bengkel umum nyari limpahan spuyer yang tak terpakai. Cara pasangnya, pasti diawali membongkar cover bodi penutup karbu, lalu jok dan bagasi. Okelah, untuk tahap ini, Anda pasti sudah mahir melakukannya.

Setelah peranti pengabut terlihat, tinggal lepas selubung pengikat manifold, slang bensin dan pernafasan. Lalu copot mur pengunci di bawah karbu, tepatnya di tempat bersarangnya pelampung dan spuyer. Ganti spuyer Mio dengan Kaze.

Berikutnya tinggal lepas mur pengikat di tempat bercokolnya per berikut pangkal jarum skep. Selipkan potongan karet slang tadi di tengah per. “Kalo udah, tinggal pasang lagi karbu. Buktiin sendiri khasiatnya,” tantang Madun yang aseli Betawi ini. Bener, nih?


http://www.otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=ototips/Content/0/0/1/7/597

Rabu, 28 Januari 2009

Varian Skutik Yamaha di Tahun 2009

Yamaha C3Di tahun 2009 ini, pabrikan YAMAHA USA mengeluarkan beberpa jenis Skutik city untuk memanjakan para biker perkotaan. Design yang keren, sporty, dan simple, pas untuk generasi muda yang modern.

Motor skutik YAMAHA ini bukan tipe produk terbaru dari YAMAHA, melainkan generasi terbaru dari beberapa produk sebelumnya, seperti VINO, ZUMA, dan C3 dengan pembaruan dari segi mesin dan akselerasi, sehingga memenuhi kebutuhan konsumen yang sporty.

Berikut beberapa skutik yang akan dikeluarkan YAMAHA di tahun 2009 ini

YAMAHA ZUMA 125 2009

Yamaha Zuma 125 2009


YAMAHA VINO 125

YAMAHA VINO 125


YAMAHA C3 2009

YAMAHA C3 2009

klik di sini untuk melihat data ketiga motor ini lebih jelas.

sbr : maticholic.com

Selasa, 27 Januari 2009

Jangan takut ujan slama tau cara ngatasinnya

http://images.terbanglahlbhtinggi.multiply.com/image/1/photos/upload/300x300/RcG7UQoKCj4AAAvRlVc1/Banjir%20Sarinah.JPG?et=F6ih8kQOMIsjJe1VLiMn7whttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi7ErPLSVcTwXrHxTvg3jchEmcVBMWHguVB26Fr1rpMoxZQGbdLU9GosARrN94RPBhnplSxjrbixBptMHvJJrKiB-5_l2rbdOAKXHT042sXabh037OygOm3pDOPSKFHuREW1yfUlui9_2d_/s200/04-Banjir%2520Kuningan.JPGhttp://www.rmblitz.com/images/blitz_curhat/12054305022008@motor-tenggelem.jpg
Nih ada tips seputar hujan dan banjir menurut pengalaman pribadi kami.


1. Musim ujaan pastiin lo bawa jas ujan bro. g perlu takut ribet bawanya kalo manfaatnya besar bgt buat kita. ingat ! sangat tidak direkomendasikan membawa payung saat berkendara motor!
bahaya bgt krena bkal mempersulit ruang gerak kita sob!

http://koperasi.honda-tiger.or.id/pic/Jas-Hujan-PROGRIP_KECIL.jpg
2. usahain jas ujan nya jgn yg model ponco/jubah/batman, kalo bisa yg
model jacket+ celana. soalnya kalo ponco/jubah/batman, sgt menggangu
stabilitas apalagi kalo kenceng, bisa mengganggu pandangan juga , bahkan bisa2 kecantol kendaraan lain.

3. Selalu bawa cadangan, mulai gear pribadai, dari baju+celana, kalo
perlu jaket bahkan kolor juga bawa, kan kasihan "adek kecil"
kedinginan kalo kolor basah bisa menyebabkan jamuran loh, hiyahhh serem!.
sampai keperluan motor, kayak busi dan kawan kawan.

4. jgn pernah pake sendal. kalo sepatu takut basah atau kotor sedikit
gpp kalo buat syarat safety. kalo pake sendal selain licin jg g bisa ngelindungin
kaki kita dari benturan, juga bisa bikin kedinginan bahkan kram.

5. kalo terpaksa bro harus ngelewatin banjir yg lumayan dalem (sampai ngelewatin
bibir knalpot). Usahain RPM tinggi terus (4000+). soalnya RPM tinggi
bisa mencegah air masuk ke knalpot.

6. trus kalo terpaksa brenti di dalam banjir jgn pernah nutup gas.
usahin RPM tinggi terus. kalo kita nutup gas air bisa masuk(kesedot)
kedalem ruang mesin dan terjadi water hammer yang udah pasti bahaya buat motor lo

7. buat yg punya scooter(vespa/Skutik) hati2 kalo melibas
banjir dalem kecepatan tinggi. Scooter(vespa/skutik) bisa berubah
menjadi "Jetski".karena air yg dibuang dari ban depan, ketahan dek
bawah,trus bercampur air banjir.hasilnya scooter ngambang dan ga bisa
dikendaliin.bahaya bgt. bisa2 nyusruk dan membahayakan jiwa kita cuy. slow is more safety

8. kalo ujan deres bgt hingga jarak pandang kita terbatas mendingan neduh dulu.walaupun dah pake jas ujan lengkap. yang ini jangan maen" bro. udah banyak korban kecelakaan yang maksain melaju dalam kondisi hujan lebat. mendingan tunggu hingga kondisi agak memungkinkan.

http://www.lautanmas.com/takepicture+645+0
9.selalu pake sarung tangan.soalnya kalo ujan angin.air ujan rasanya
dah kayk jarum yg ditusuk2 ke tangan.lumayan sakit loh.apalagi kalo
ditamabah ngebut terus kena muka. walhasil kea lagi di terapi akupuntur .kalo sarung tangan dah basah dan ujan dah reda.bisa aja dicopot.soalnya buat yg ga tahan dingin tangan bisa gemeter dan akhirnya bisa mati rasa jg tuh.usahin jg bawa sarung tangan cadangan.

10. yg terakhir.kalo ga mendesak bgt.dan ujan dah deres bgt.mending
motor dititipin dikantor atau kampus trus nebeng ma temen yg bawa
mobil atu naek kend.umum. ato kalo dari rumah, mending naik kend.umum
ato naek mobil.jgn dipaksa.resiko kecelakaan lebih gede dari biasanya.

sbr : http://www.kawasaki-zx130.org/

Senin, 26 Januari 2009

Ganti sepatu kopling skutik

kopling skubekSkubek ogah lari? Salah satu penyebabnya bisa jadi karena kampas kopling yang sudah aus! Ketika menggantinya, nggak perlu beli satu set kopling sentrifugal utuh. Sebab ada juga kampas yang dijual terpisah. Berarti lebih murah dan bisa dipasang sendiri!

“Cara pasangnya juga gampang. Setelah kopling terbuka dari mangkuknya, cukup modal obeng min doang,” bilang Muhammad Dedi, mekanik Motora Otto Style di Jl. Arteri Panjang, No. 18, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Biar makin mudah, gimana kalau dipandu lewat foto? Proses Bongkar-pasang, dilakukan di kopling ganda milik Yamaha Mio. Tentu sebelumnya harus buka tutup CVT dan lepas mangkuk sentrifugal. Ini dia!


1. Pastikan dulu kampas kopling habis. Membaca gejala aus itu, lihat permukaan kampas. Jika ketebalan menurun dari batas permukaan sebelumnya, berarti habis!

2. Sekarang buka ring spi pengunci di setiap sepatu kampas, pakai obeng pipih alias min untuk mencungkilnya.





 












 
 

3. Setelah ketiga ring pengunci lepas, lanjut lepaskan juga ring penganjal di bawah ring pengunci.

4. Setelah semua ring copot, sepatu kopling yang lama tinggal tarik ke atas. Lalu, ganti pakai sepatu baru. Cara pasangnya, ya kebalikan dari cara ngebuka. Jangan lupa pastikan kondisi karet pengganjal kopling. Masih bagus atau tidak?

Kamis, 22 Januari 2009

(Penting!) Membersihkan Ruang Pembakaran

Ruang pembakaran adalah bagian terpenting dalam sebuah mesin berbahan bakar minyak. Bagaimana tidak, ruang pembakaran ini adalah sebagai proses utama yang mengakibatkan adanya tenaga mekanis yang menggerakan motor kita.

Ruang pembakaran (Combustion chamber) akan sangat kotor sekali bila perawatan kurang telaten. Kotoran dan kerak di ruang pembakaran ini bisa dihasilkan dari Oli, Bahan Bakar, atau kotoran yang masuk melalui knalpot (karat, kerikil, dll). “Tidak ada pembakaran yang sempurna, ia pasti menghasilkan deposit kotoran di ruang bakar” Kata Andre dari Dutamatic Bandung. Pada motor matic yang rata-rata menggunakan RPM dan kompresi yang lebih tinggi dari motor bebek, hal ini perlu untuk lebih diperhatikan, selain selalu merawat motor ke bengkel resmi tentunya.

Combustion Process


Akibatnya deposit atau kotoran di ruang bakar yaitu bisa mengurangi efisiensi dari pembakaran, atau yang lebih parah bisa membuat mesin “loss kompresi” karena kotoran menempel di bagian klep dan membuat kompresi hilang, gejalanya bila kick starter kita bejek sama sekali tidak ada beban. Yup, kotoran sekecil apapun yang menempel di klep membuat kompresi yang dibutuhkan untuk pembakaran menjadi hilang. Nah kalau sudah begini, tentu motor sulit atau bahkan tidak dapat dihidupkan. Kalau sudah parah, tentu mesin harus dibersihkan secara manual (turun mesin / overhoule) tentu biaya yang akan dikeluarkan tidak sedikit bukan?

Nah saya ada sedikit tips untuk membersihkan ruang pembakaran ini. Sebaiknya Membersihkan ruang pembakaran ini dilakukan secara rutin, misalnya setiap 10.000 kilometer. Apa yang kita butuhkan adalah sebuah “Combustion Chamber Cleaner”.

Combustion Chamber Cleaner

Bentuknya dalam botol kaleng, mirip dengan Carburator Cleaner, hanya saja ia memiliki formula yang dikhususkan (jauh lebih keras dari Carburator Cleaner) untuk meng-oksidasi kotoran dan membuangnya melalui knalpot.

Penggunaannya kurang lebih sama dengan Carburator Cleaner;
Pertama, buka dahulu selang dari filter udara ke karburator, pada intake/sambungan karburator selang filter udara ini lah kita akan menyemprotkan Combustion Chamber Cleaner.

Kedua, nyalakan motor, kemudian tarik gas sampai RPM/Putaran tinggi Semprotkan Combustion Chamber Cleaner kepada mulut karburator, usahakan motor jangan sampai mati. Ulangi sekali lagi, kali ini sampai motor mati. Kemudian biarkan selama 15 menit supaya Combustion Chamber Cleaner bekerja.

Ketiga, setelah 15 Menit, nyalakan mesin, dan tahan pada rpm sedang. Pada fase ini, knalpot akan mengeluarkan asap berwarna putih dan bau yang sangat menyengat. hati-hati jangan dihirup. Biarkan putaran mesin pada rpm sedang ini selama beberapa menit sampai bau dan asap putih yang keluar dari knalpot menghilang dengan sendirinya.

Langkah seperti ini dapat di ulang selama seminggu sekali, sampai botol “Combustion Chamber Cleaner” habis (3-4 kali pemakaian). Nah, dengan langkah ini deposit kotoran akan dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan. Saran saya, gunakan Bahan bakar yang sesuai dengan motor anda, usahakan menggunakan bahan bakan non-timbal, Ganti oli dan bersihkan filter udara secara rutin.

http://pupungbp.erastica.com/

yuk ganti roller sendiri :)


rollerOTOMOTIFNET- Terkadang ada satu hal yang tak perlu dilakukan sama yang ahli. Misalnya, ganti roller di skubek kesayangan. Tentu kudu tahu cara bongkar dan pasang yang baik dan betul! Maksudnya biar hasil yang didapat sempurna dan sesuai sama apa yang diinginkan.

“Caranya simpel. Setelah buka rumah CVT dengan kunci T 10 mm dan T 8 mm, untuk buka puli penggerak cukup modal baut dan kunci 17 mm. Lalu pergi ke toko untuk beli roller pengganti,” kata Adriyanto mekanik dari JP Racing Bintaro di Jl. Cendrawasih, No. 6E, Kp. Sawah, Ciputat, Tangerang.



Biar nggak kagok waktu ngerjain, langsung pandu sama gambar atawa foto seperti di bawah. Diperagakan langsung di Yamaha Mio. Tentu biar lebih paham dan paham lebih, juga tahu mana bagian yang harus dilepas atau dipasang kembali. Termasuk, ketika meletakan baut pengganjal rumah roller. Yuk!


1. Buka baut pengunci rumah puli pakai kunci 17 mm. Jangan lupa untuk mengganjal rumah puli agar tidak ikut berputar pakai baut 12 mm panjang 6,5 cm yang diletakan menghadap crank-case bagian atas.



2. Lalu tarik keluar ring penganjal bushing rumah roller. Jangan lupa pasang lagi ketika proses ganti roller sudah selesai. Ingat, posisi pasangnya sesudah kipas puli bagian luar.





3. Setelah puli terbuka semua, cek kondisi roller. Jika aus atau lebih dikenal dengan istilah peyang, baiknya diganti baru.


4. Ketika meletakan roller pengganti, perhatikan juga posisinya. Buat roller rata (pakai satu ukuran berat), silakan taruh di got roller mana saja. Tetapi, kalau kombinasi, baiknya letakan roller yang lebih ringan di bagian depan sebelum roller berat. Oh ya, posisi roller yang ringan ada di sebelah kiri dan roller berat di sebelah kanan.





5. Pasang lagi rumah roller ke posisi semula. Hanya, proses pengerjaan kebalikan dari proses membuka.




6. Jangan lupa perhatikan kondisi ring pengganjal kipas puli bagian luar. Pastikan setiap gigi ring mengunci rapat gigi as rumah roller. Kalau enggak pas, takutnya bisa menyebabkan kedua gigi termakan atau slek.




7. Kencangkan baut pengunci rumah roller. Jangan lupa! Untuk menghentikan putaran, gunakan lagi baut pengganjal rumah roller. Kali ini, baut diposisikan menghadap crank-case bagian bawah.


Sabtu, 10 Januari 2009

MRC Road To Puncak 31des08 - 1jan09

new years! kebetulan serentak dengan b'day rekan kami bro agha 016. Jadi pas mao pulang k jkt sengaja digulingkan dulu direrumputan. serta diguyur dengan air kali.

Featuring! Badut 'TheKeongRacun'
Thanks buat Bro Badut yang dengan senantiasa menemani perjalanan kami. hehe


foto ini diambil di KotaBunga sesaat akan melakukan perjalanan pulang tetapi selalu ditunda oleh gerimis. Maaf itu anak kecil yang paling depan bukan penampakan , tetapi adiknya bro aldy 002, hehehe.


Terlihat maskot kami , bro 'untung'023 sedang tersenyum pasrah di motornya (mio 08 hitam, red)

Ini nih. .suasana jalan saat pulang. Hal yang udah tidak aneh lagi terjadi setiap tahun di daerah puncak. macet bgt deh pokoke. tapi tetep aja masih bisa sedikit pose walau dilanda lelah dan letih. hehe

Sabtu, 03 Januari 2009

Yamaha New Mio 2009,… bakalan menghadang Honda Beat ?


New Mio Soul 2009Well… seperti berbalas pantun aza… strategi Yamaha pun lumayan smart… at least berusaha membendung Honda …!!! Yaagh… ketika publik mulai terhujam oleh tajamnya Blade… dan keperkasaan Yamaha mulai dicoba ditandingi oleh Beat… namun Yamaha cepet ngerubah jurus…!!! Sadar bahwa “Mio Smile” kurang tersenyum lepaz  di penjualan… pihak Yamaha segera mengeluarkan “new product line”… yang bakalan membuat konsumen tersenyum lepazzz… !!! 
Harus diakui.. bahwa design New Mio 2009 ini, .. lebih bagus dibandingkan Mio 2008… definitely … !!! Kesannya sporty abieezz…. bolongan dibawah head lamp.. seolah meniru gaya yamaha R-1…!!! So disini gue ngeliat jelas… Yamaha bermain-main dengan mindset konsumen… !!! Sekali kena.. hmmm… membuat konsumen “loyal” dan teruz membuat Yamaha mendominasi di segment skutik… yang memang cukup pesat pertumbuhannya …!!! 





So.. apa yang harus dilakukan Yamaha… ??? Secepatnya New Mio ini dilaunching ke pasar… !!! Ditanya kenapa …??? Vega ZR… agak berat buat ngelawan tajamnya Honda Blade…!!! So.. strateginya adalah mengalihkan konsumen bebek… ke segment skutik…!!! Jika harganya mahal sedikit laagh dibandingkan Mio 2008, katakanlah Rp. 12 jeti on the road… maka konsumen… pasti akan tergoda… !!! Lha wong selisih dengan Honda Blade Rp. 1.5 jeti… engine sudah teruji kok… tampilan lebih fresh… apalagi.. ??? Terlebih tersedia juga… yang product spoke wheel.. buat menyapu bersih konsumen bawah… !!! So… the problem is time …??? Semakin lelet.. dilaunching… pengaruh Blade dan Beat… akan semakin kuat… !!! Ndak percaya… yoooo luweeeeh… !!!

Jumat, 02 Januari 2009

Deteksi Belt CVT Palsu

CVT belt Skutik
Skubeker kayaknya perlu belajar dari pengalaman Iwan Ceper, penunggang Yamaha Nouvo-Z. Saking percaya info dari kawan soal kehebatan produk V-belt aftermarket, di langsung main pakai aja. Eh, di tengah perjalanan akselarasi skubek tidak normal dan terasa berat.

"Begitu grip gas d

ipelintir, skubek mau jalan tapi putaran roda belakang berat dirasa. Padahal putaran mesin normal dan di rumah CVT tidak terdengar ada suara ganjil. Bikin bingung,” kenang warga Tanah Abang, Jakarta Pusat .
Penasaran akan hal itu, Iwan lantas bongkar rumah CVT skubek miliknya. Penyebab utama tarikan awal berat, akibat v-belt variasi yang baru dibeli hancur lebur (gbr.1). Tampak lapisan luar (atas) belt terjepit dan karetnya rontok.

CVT Belt SkutikAda indikasi sabuk penghubung puli primer dan sekunder merupakan barang imitasi. Sengaja menggunakan nama besar salah satu merek v-belt variasi. Tapi bisa juga komponen itu sudah lewat batas aman pemakaian atawa expired, sehingga kualitasnya sudah menurun.

Doran Satria mekanik C-Dov-DR.Tech di Jl. Kahfi I, Kp. Setu, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, berpendapat. Katanya v-belt yang dibeli Iwan merupakan produk imitasi. Terutama saat membandingkan dengan bentuk part asli keluaran pabrik. Kualitasanya sangat jauh berbeda.

“Yang asli, anyaman tali v-belt sudah terlihat dari lapisan paling atas dan lebih jelas lagi dari samping, yang merupakan bagian terkeras (gbr.2). Sehingga belt aman meski ditekan puli berulang-ulang. Sementara belt yang dibeli Iwan tidak tampak ada anyaman tali,” jelas mekanik yang juga pembalap skubek itu.

CVT Belt SkutikDipertegas Jesi Liga Siswanto alias Coki, bos JP Racing. Katanya sambungan antara karet atas, anyaman tali dan kain pelapis tidak homogen ketika porses peleburan saat dicetak (gbr.3). “Sehingga salah satu bagian terlepas akibat tidak tahan jepitan puli.

Akibatnya karet bagian luar yang mestinya lebih kuat pun jadi terjepit dan menyebabkan akselarasinya berat. Seperti kasus di skubek Iwan,” imbuh Warga Bintaro, Jakarta Selatan itu. Lantas saran mereka, kalau mau beli belt lihat dulu ciri fisiknya. Atau kalau mau aman, beli produk asli atau variasi berkualitas.