Selasa, 27 Januari 2009

Jangan takut ujan slama tau cara ngatasinnya

http://images.terbanglahlbhtinggi.multiply.com/image/1/photos/upload/300x300/RcG7UQoKCj4AAAvRlVc1/Banjir%20Sarinah.JPG?et=F6ih8kQOMIsjJe1VLiMn7whttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi7ErPLSVcTwXrHxTvg3jchEmcVBMWHguVB26Fr1rpMoxZQGbdLU9GosARrN94RPBhnplSxjrbixBptMHvJJrKiB-5_l2rbdOAKXHT042sXabh037OygOm3pDOPSKFHuREW1yfUlui9_2d_/s200/04-Banjir%2520Kuningan.JPGhttp://www.rmblitz.com/images/blitz_curhat/12054305022008@motor-tenggelem.jpg
Nih ada tips seputar hujan dan banjir menurut pengalaman pribadi kami.


1. Musim ujaan pastiin lo bawa jas ujan bro. g perlu takut ribet bawanya kalo manfaatnya besar bgt buat kita. ingat ! sangat tidak direkomendasikan membawa payung saat berkendara motor!
bahaya bgt krena bkal mempersulit ruang gerak kita sob!

http://koperasi.honda-tiger.or.id/pic/Jas-Hujan-PROGRIP_KECIL.jpg
2. usahain jas ujan nya jgn yg model ponco/jubah/batman, kalo bisa yg
model jacket+ celana. soalnya kalo ponco/jubah/batman, sgt menggangu
stabilitas apalagi kalo kenceng, bisa mengganggu pandangan juga , bahkan bisa2 kecantol kendaraan lain.

3. Selalu bawa cadangan, mulai gear pribadai, dari baju+celana, kalo
perlu jaket bahkan kolor juga bawa, kan kasihan "adek kecil"
kedinginan kalo kolor basah bisa menyebabkan jamuran loh, hiyahhh serem!.
sampai keperluan motor, kayak busi dan kawan kawan.

4. jgn pernah pake sendal. kalo sepatu takut basah atau kotor sedikit
gpp kalo buat syarat safety. kalo pake sendal selain licin jg g bisa ngelindungin
kaki kita dari benturan, juga bisa bikin kedinginan bahkan kram.

5. kalo terpaksa bro harus ngelewatin banjir yg lumayan dalem (sampai ngelewatin
bibir knalpot). Usahain RPM tinggi terus (4000+). soalnya RPM tinggi
bisa mencegah air masuk ke knalpot.

6. trus kalo terpaksa brenti di dalam banjir jgn pernah nutup gas.
usahin RPM tinggi terus. kalo kita nutup gas air bisa masuk(kesedot)
kedalem ruang mesin dan terjadi water hammer yang udah pasti bahaya buat motor lo

7. buat yg punya scooter(vespa/Skutik) hati2 kalo melibas
banjir dalem kecepatan tinggi. Scooter(vespa/skutik) bisa berubah
menjadi "Jetski".karena air yg dibuang dari ban depan, ketahan dek
bawah,trus bercampur air banjir.hasilnya scooter ngambang dan ga bisa
dikendaliin.bahaya bgt. bisa2 nyusruk dan membahayakan jiwa kita cuy. slow is more safety

8. kalo ujan deres bgt hingga jarak pandang kita terbatas mendingan neduh dulu.walaupun dah pake jas ujan lengkap. yang ini jangan maen" bro. udah banyak korban kecelakaan yang maksain melaju dalam kondisi hujan lebat. mendingan tunggu hingga kondisi agak memungkinkan.

http://www.lautanmas.com/takepicture+645+0
9.selalu pake sarung tangan.soalnya kalo ujan angin.air ujan rasanya
dah kayk jarum yg ditusuk2 ke tangan.lumayan sakit loh.apalagi kalo
ditamabah ngebut terus kena muka. walhasil kea lagi di terapi akupuntur .kalo sarung tangan dah basah dan ujan dah reda.bisa aja dicopot.soalnya buat yg ga tahan dingin tangan bisa gemeter dan akhirnya bisa mati rasa jg tuh.usahin jg bawa sarung tangan cadangan.

10. yg terakhir.kalo ga mendesak bgt.dan ujan dah deres bgt.mending
motor dititipin dikantor atau kampus trus nebeng ma temen yg bawa
mobil atu naek kend.umum. ato kalo dari rumah, mending naik kend.umum
ato naek mobil.jgn dipaksa.resiko kecelakaan lebih gede dari biasanya.

sbr : http://www.kawasaki-zx130.org/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar